Aceh Besar Juara I Festival Kuliner

oleh -87 Dilihat

Banda Aceh, Beaktual.com – Aceh Culinary Festival 2022 telah berakhir dengan diumumkannya para juara pada Minggu sore 7 Agustus 2022. Kabupaten Aceh Besar berhasil keluar sebagai juara 1 dalam pengumuman juara yang disampaikan Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Aceh Almuniza Kamal.

Prosesi penyerahan penghargaan dilakukan Almuniza Kamal kepada Pj Bupati Aceh Besar Muhammad Iswanto dalam sesi penutupan event tersebut di Taman Sulthanah Ratu Safiatuddin, Banda Aceh.

Muhammad Iswanto usai seremonial tersebut menyampaikan terima kasih kepada para pelaku UMKM, khususnya yang bergerak di sektor kuliner. Keberadaan mereka disebut sangat membantu dalam melestarikan berbagai kuliner khas Aceh Besar sehingga dapat dinikmati para tamu yang berkunjung ke Aceh.

Terkait juara 1 Aceh Culinary Festival 2022, Iswanto mengatakan hasil tersebut dapat diraih berkat dukungan seluruh stakeholder di Aceh Besar yang selama sepekan terakhir terus bekerja menyukseskan event tersebut. Selain itu kemompakan UMKM juga dikatakan merupakan kontribusi utama sehingga Aceh Besar berhasil keluar sebagai juara 1.

“Kita bersyukur dengan kekompakan UMKM. Kita hanya mengkoordinir. Sore hari ini kita diberikan anugerah sebagai pavilium kuliner terbaik tahun ini,” kata Iswanto.

Suksesnya Anjungan Aceh Besar dalam memikat pengunjung festival itu juga dikatakan tidak terlepas dari kekompakan sejumlah OPD yang terlibat langsung dalam event itu.

Semua makanan yang ditampilkan di anjungan itu disebut mengusung konsep tradisional sesuai peninggal para endatu.

“Kita bergerak secara tradisional. Semua original seperti yang ditinggalkan indatu. Kita hanya memperkenalkan kembali kepada generasi. Karena generasi sekarang sudah tidak begitu familiar dengan makanan-makanan khas kita,” kata Iswanto.

Seperti diketahui, Pemerintah Aceh melalui Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Aceh menggelar Festival kuliner tahunan bertajuk “Aceh Culinary Festival 2022” di Taman Sulthanah Safiatuddin, Banda Aceh selama tiga hari berturut-turut, yakni 5 sampai 7 Agustus 2022.

Aceh Culinary Festival 2022 merupakan salah satu agenda Top 10 Kharisma Event Nusantara dari Kemenparekraf. Event itu diikuti oleh 23 kabupaten/kota di Aceh dan juga beberapa provinsi yang ada di Indonesia.

Almuniza saat penitupan acara itu menyebut, selama tiga hari pelaksanaan Aceh Culinary Festival antusiasme pengunjung cukup tinggi. Hingga sesi penutupan, jumlah pengunjung disebut nyaris menyentuh angka 100 ribu.

Event itu juga dikatakan sangat membantu dalam perputaran ekonomi, khususnya para pedagang yang memenuhi arena acara.

“Transaksi yang tercatat hingga saat ini sampai 6 Miliar,” kata Almuniza.[]

No More Posts Available.

No more pages to load.