Aceh Ramadhan Festival 2024 Digelar, Kenalkan Ragam Budaya dan Kekhasan Serambi Makkah

oleh -182 Dilihat
Pj Sekda Aceh, Azwardi AP, membuka Aceh Ramadhan Festival 2024 di Halaman Masjid Raya Baiturrahman, Jumat 29 Maret 2024.

Banda Aceh, Beaktual.com  – Ajang tahunan Aceh Ramadhan Festival kembali digelar untuk mengenalkan potensi kepariwisataan Aceh melalui beragam pertunjukan budaya dan atraksi wisata.

Penjabat Sekretaris Daerah (Pj Sekda) Aceh, Azwardi mewakili Pj Gubernur Aceh, Bustami Hamzah, resmi membuka Aceh Ramadhan Festival 2024 yang dipusatkan di Masjid Raya Baiturrahman Banda Aceh, Jumat 29 Maret 2024.

Festival yang digelar Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Aceh terebut tahun ini mengangkat tema utama Perjalanan Spiritual di Serambi Makkah.

Azwardi saat membacakan sambutan tertulis Pj Gubernur Aceh mengatakan, event yang telah masuk tahun ke-6 penyelenggaraan ini semakin menguatkan identitasnya sebagai hallmark event daerah Aceh yang merupakan salah satu destinasi wisata halal unggulan di Indonesia.

“Event ini pun menawarkan pengalaman Ramadan yang sarat dengan perjalanan spiritual dalam balutan tradisi dan budaya Aceh,” kata Azwardi.

Menurut dia, Pemerintah Aceh melalui Disbudpar Aceh terus mendorong penyelenggaraan event-event festival untuk terus mengangkat berbagai potensi budaya, keunikan dan kekhasan Aceh. Termasuk Aceh Ramadhan Festival yang diharapkan mampu menjadi event ciri khas Aceh yang berjuluk Serambi Makkah.

Untuk diketahui, Aceh Ramadhan Festival juga masuk dalam Top 110 Event Daerah Terbaik Nasional versi Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) serta masuk dalam daftar Kharisma Event Nusantara (KEN) 2024.

Beragam rangkaian kegiatan telah disiapkan agar makin menguatkan ciri khas suasana Ramadan di Tanah Rencong. Pengunjung bisa mencicipi ragam takjil dan ngabuburit dengan nuansa perkampungan lewat berbagai permainan tradisional.

Kemudian, pengunjung juga bisa merasakan buka puasa bersama dalam suasana perayaan adat Aceh seperti khauri (kenduri) kanji, khauri peutamat daroh (khatam Alquran) dan khauri Ramadan.

Lalu juga ada zikir khas Aceh “dalael khairat”, kirab, hingga merasakan perjalanan spiritual bersama majelis zikir, muazin, imam, ustadz dan ulama yang dijadwalkan mengisi ibadah Ramadan di Masjid Raya Baiturrahman.

Masih berdekatan dengan Kompleks Masjid Raya Baiturrahman, pengunjung juga bisa mengunjungi Sagoe Piasan Aceh di lapangan eks hotel Aceh, yang merupakan rangkaian tak terpisahkan dari penyelenggaraan Aceh Ramadhan Festival 2024.

Beragam tampilan seni tradisi Aceh yang sarat nuansa Islami seperti nasyid, gambus, musik etnik religi, tarian tradisi dan hadrah akan menjadi hiburan yang mengiringi suasana berbuka puasa.

Kolaborasi artis nasional Fadly “Padi” dengan seniman Aceh Bur’am dan Rabbani Wahed juga dijadwalkan akan menjadi penutup agenda Sagoe Piasan Aceh di hari terakhir pagelaran Aceh Ramadhan Festival.

Pelaksanaan Aceh Ramadhan Festival tahun ini berkolaborasi dengan banyak pihak, di antaranya Dinas Syariat Islam melalui UPTD Masjid Raya Baiturrahman, Pemkot Banda Aceh, Kemenparekraf, Bank Indonesia, Bank Syariah Indonesia, Bank Aceh Syariah, Rumah Zakat dan masyarakat di seluruh kecamatan Banda Aceh.

Aceh Ramadhan Festival dijadwalkan akan ditutup langsung oleh Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno di areal Masjid Raya Baiturrahman pada Senin (1/4/2024). []

No More Posts Available.

No more pages to load.