Besok PKA-8 Dibuka, Simak Rangkaian Acaranya

oleh -312 Dilihat

Banda Aceh, Beaktual.com – Event spektakuler Pekan Kebudayaan Aceh (PKA) kembali menyapa masyarakat Aceh. Pagelaran seni budaya lima tahunan itu akan berlangsung dari tanggal 4-12 November 2023 di Taman Sulthanah Safiatuddin, Banda Aceh.

“Banyak rangkaian kegiatan yang dapat dinikmati masyarakat, dan akan digelar di di sejumlah titik di kawasan Banda Aceh dan sekitarnya. Untuk info lengkapnya terkait jadwal, lokasi pelaksanaan dan seputar PKA, silakan kunjungi website dan akun medsos resmi @disbudpar_aceh dan @pkaceh.official,” terang Kadisbudpar Aceh, Almuniza Kamal, Jumat, 3 November 2023 di Banda Aceh.

Mengusung tema “Rempahkan Bumi, Pulihkan Dunia”, PKA-8 ini diharapkan dapat memperkuat peran kebudayaan dalam pembangunan ekonomi daerah, menjaga dan melestarikan budaya Aceh, serta menjadi perekat dan penjaga perdamaian Aceh.

“Esensial PKA bukan hanya menjaga dan melestarikan warisan seni budaya leluhur kita, tapi juga diharapkan dapat meningkatkan perekonomian daerah serta menjadi perekat perdamaian yang kita jaga selama ini,” ucap Almuniza.

Dikatakan Kadisbudpar Aceh ini, perhelatan PKA kali ini mengusung konsep go green atau ramah lingkungan yang bertujuan mengkampanyekan gerakan kebersihan.

“Setiap pengunjung diimbau untuk ikut serta mengkampanyekan gerakan meminimalisasi penggunaan sampah plastik, dengan cara membawa tumbler dan kantong belanja sendiri, serta membuang sampah pada tempatnya,” tutur Almuniza.

Perhelatan PKA yang akan berlangsung selama 9 hari ini akan dirangkai dengan sejumlah kegiatan menarik yang dapat dinikmati masyarakat, diantaranya, Pawai Budaya, Pameran Expo, Festival Kuliner, Seminar Internasional Jalur Rempah, Pertunjukan dan Lomba Seni Budaya, Lomba Permainan Rakyat, Festival Busana, Festival Adat Budaya, Business Matching dan Anugerah Budaya.

Tak ketinggalan, 23 anjungan Kabupaten/kota di Aceh yang ada di lokasi kegiatan telah siap memberikan sajian informasi kepada masyarakat tentang kekayaan seni budaya yang ada di daerahnya masing-masing.

Tidak cukup sampai disini, ratusan UMKM di Aceh turut ambil andil dalam meramaikan PKA-8 ini. Segala macam produk, baik barang, maupun kuliner hasil kreativitas anak negeri akan dipamerkan.

So apalagi, mari kunjungi stand favorit kalian. Dan jangan lupa, jaga kebersihan dengan tidak membuang sampah sembarangan.

No More Posts Available.

No more pages to load.