Dekranasda Aceh Bawa Empat Kabupaten/Kota Tampil di Kriyanusa

oleh -333 Dilihat
Pj Ketua Dekranasda Aceh, Ny. Ayu Marzuki saat foto bersama di stand Aceh Besar saat mengunjungi satu persatu stand Aceh yang tampil di Pameran Kerajinan Nusantara (Kriyanusa) di Jakarta Convention Center (JCC) Senayan, Jakarta, Rabu, (13/9/2023).

Jakarta, Beaktual.com – Ketua Dewan Kerajinan Daerah (Dekranasda) Aceh, Ny. Ayu Marzuki mengatakan tahun ini Aceh membawa empat kabupaten untuk meriahkan Pameran Kerajinan Nusantara (Kriyanusa) tahun 2023.

Pameran Kriyanusa yang digelar setiap tahun oleh Dewan Kesenian Nasional (Dekranasda) Pusat itu menghadirkan sejumlah produk kerajinan dari perwakilan daerah dan akan berlangsung hingga 17 September 2023 di Jakarta Convention Center (JCC) Senayan, Jakarta Pusat.

“Tahun ini Dekranasda Aceh membawa empat kabupaten, yakni Aceh Besar, Bener Meriah, Lhokseumawe dan Nagan Raya,” jelas Ny. Ayu Marzuki usai menghadiri peresmian dibukanya Kriyanusa tahun 2023 oleh Ibu Negara, Hj. Iriana Joko Widodo, Rabu, 13 September 2023.

Ketua Dekranasda Aceh menyebutkan, ada sejumlah produk yang kali ini dipamerkan oleh Aceh, seperti dari Aceh Besar yang membawa produk anyaman bili, rotan, dan songket solanda.

“Sementara Bener Meriah dan Lhokseumawe membawa produk bordir dan kerajinan eceng gondok. Kemudian ada juga kabupaten Nagan Raya yang membawa kerajinan batok kelapa dan batu giok,” ujar istri Pj Gubernur Aceh itu.

Dia berharap, Dekranasda di kabupaten lainnya juga mengikuti jejak empat kabupaten yang terus berinovasi dalam menciptakan kreasi baru kerajinan khas Aceh. Ayu Marzuki mencontohkan misalnya ada kreasi baru kerajinan dari Aceh Besar yang menggunakan inovasi baru dari serat dari urat pisang yang kemudian dijadikan benang dan kemudian lahirlah produk baru songket dan tenun yang diberi nama sulaman songket daerah atau solanda.[]

No More Posts Available.

No more pages to load.