Lembaga Wali Nanggroe Launching Aplikasi Almanak Aceh

oleh -981 Dilihat

Banda Aceh – Lembaga Wali Nanggroe Aceh menggelar acara Launching dan Sosialisasi Aplikasi Almanak Aceh, di Meuligoe Wali Nanggroe, Aceh Besar, Rabu (14/12/2022).

Aplikasi Almanak Aceh ini sendiri yang dibangun oleh tim yang dimotori oleh Cut Aja Muzita, S.STP, MPA selaku Kabag Umum di Sekretariat Lembaga Wali Nanggroe. Aplikasi ini merupakan inovasi yang dilakukan untuk menjaga Khazanah Aceh dalam hal penanggalan dan bulan Aceh.

“Lembaga Wali Nanggroe sendiri sudah mencetak Almanak dari tahun 2015 dengan jumlah terbatas, tetapi dengan banyaknya permintaan agar Almanak ini dapat diakses oleh masyarakat luas, kita coba berinovasi kedalam bentuk digital”,Sebut Cut Aja.

Aplikasi Almanak Aceh ini juga langsung diterapkan pada menu website Lembaga Wali Nanggroe agar masyarakat lebih mudah mengakses Aplikasi tersebut.

Wali Nanggroe Aceh Teungku Malik Mahmud Al Haythar dalam sambutan sekaligus melaunching Aplikasi Almanak ini berharap agar Aplikasi ini dapat menjadi bahan pengetahuan bagi generasi sekarang dan mendatang terhadap penanggalan dan bulan Aceh.

“Aceh merupakan salah satu kerajaan Islam terbesar di dunia yang memiliki banyak peradaban dan sejarah peninggalan kesultanan dimasa lalu. Salah satu dari peninggalan sejarah adalah kalender Aceh (Almanak Aceh) sebagai sebuah pedoman dalam penentuan tanggal dan tahun serta hari-hari besar di dalamnya” Sebut Wali Nanggroe.

Almanak Aceh sendiri merupakan aplikasi penanggalan dan bulan yang terjadi dalam adat dan tradisi masyarakat Aceh. Dimana penaggalan Aceh mengacu pada kalender Hijriah dan dipadukan dengan tradisi atau event yang ada pada daerah tertentu di Aceh.

“Besar harapan saya agar aplikasi ini dapat terjaga keberlangsungannya “, tambah Wali Nanggroe setelah meulaunching Aplikasi Almanak Aceh.[]

No More Posts Available.

No more pages to load.