Malam ini Gerhana Bulan Total, Kemenag Aceh akan Tayangkan Pengamatan di Kanal Youtube

oleh -63 Dilihat

Banda Aceh, Beaktual.com – Tim Falakiyah Kanwil Kemenag Aceh akan melakukan pemantauan fenomena alam gerhana bulan total petang ini, Rabu, 26 Mei 2021.

Pengamatan akan dilakukan di lantai 3 Kanwil Kemenag Aceh. Dalam pengamatan tersebut, pihak Kanwil Kemenag Aceh akan mengerahkan lima teleskop astronomi.

Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Aceh Dr H Iqbal SAg MAg mengatakan, pengamatan dilakukan secara tertutup. Hanya petugas yang hadir di lokasi pemantauan.

Iqbal mengatakan, masyarakat dapat mengamati langsung di tempat masing-masing atau bisa mengakses kanal Youtube Kemenag Aceh untuk menyaksikan proses pemantauan gerhana bulan di Kanwil Kemenag Aceh.

Berdasarkan data falakiyah, gerhana bulan  diperkirakan terjadi sejak pukul 15.47 WIB yang diawali dengan gerhana bulan penumbra. Kemudian awal gerhana total akan terjadi pada pukul 18.11 WIB, puncaknya pada pukul 18.18 WIB, dan berakhir pada pukul 18.25 WIB. Selanjutnya, akhir penumbra terjadi pada pukul 20.39 WIB.

Iqbal mengatakan, gerhana merupakan bukti kekuasaan Allah SWT, sehingga saat terjadi fenomena tersebut, umat Islam diimbau untuk melaksanakan ibadah salat khusuf, memperbanyak zikir dan amal ibadah lainnya.

“Jangan kaitkan gerhana bulan dengan kematian, musibah atau hal buruk lainnya karena gerhana bulan merupakan fenomena alam untuk menegaskan keagungan dan kebesaran Allah,” kata Iqbal.

Pengamatan dilakukan dengan menerapkan protokol kesehatan, hanya petugas saja yang dapat hadir di lokasi.

Selain dapat dilihat langsung, masyarakat diinformasikan dapat menyaksikannya melalui akun media sosial Kanwil Kemenag Aceh yaitu melalui chanel youtube KEMENAG ACEH dan facebook KemenagAceh.

Setelah maghrib, Kanwil Kemenag Aceh juga akan melaksanakan shalat khusuf berjamaah di Mushalla kantor yang akan diimami Ustad Bustamam, guru Ma’had Darut Tahfiz Al-Ikhlas, dan akan diisi dengan ceramah agama yang akan disampaikan Ustad Khairuddin MA.[]

No More Posts Available.

No more pages to load.