Menpora Luncurkan Po Meurah Sebagai Maskot PON XXI Aceh – Sumut

oleh -1167 Dilihat
Menpora RI, Zainuddin Amali bersama Ketua Umum KONI Pusat, Marciano Norman, Penjabat Gubernur Aceh Achmad Marzuki, Anggota DPR RI Illiza Sa’aduddin Djamal dan Anggota DPRA Falevi Kirani, saat meluncurkan Maskot, Logo dan Tagline PON XXI Aceh-Sumut Tahun 2024, di Lapangan Blang Padang, Banda Aceh, Sabtu 28 Januari 2023

Banda Aceh, Beaktual.com – Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) RI Zainuddin Amali, meluncurkan Po Meurah atau gajah putih sebagai maskot PON XXI Aceh-Sumut, di lapangan Blang Padang, Sabtu 28 Januari 2023

Peluncuran secara simbolis ditandai dengan penglepasan anak panah kepada target yang telah ditentukan oleh Menpora, Ketua KONI Pusat dan Penjabat Gubernur Aceh Achmad Marzuki, turut didampingi oleh Anggota DPR RI Illiza Sa’aduddin Djamal serta anggota DPRA yang mewakili Ketua DPRA Falevi Kirani.

Pemerintah Aceh memilih Gajah Putih atau Po Meurah Berkopiah Meukeutop sebagai perlambang kekuatan, kesetiaan dan persatuan.

Tak hanya maskot, Menpora juga meluncurkan Logo, dan Tagline PON XXI Aceh-Sumut. Logo PON Aceh-Sumut mengandung unsur obor PON, rencong, kain ulos Batak dan songket Melayu Ini merupakan simbol harmoni dua wilayah. Sedangkan tagline yang diluncurkan adalah ‘Bersama Kita Juara’.

Dalam sambutannya, Menpora mengajak masyarakat Aceh bersyukur, karena ditunjuk sebagai tuan rumah PON XXI bersama Sumatera utara dengan mendukung Pemerintah untuk mempersiapkan diri sebaik-baiknya.

“Rasa syukur harus dibuktikan dengan mempersiapkan diri untuk menjadi tuan rumah yang baik. PON, selain untuk mencari dan menemukan prestasi-prestasi terbaik pada setiap cabang olahraga yang diperlombakan, juga sarana silaturrahmi yang baik. Jika masyarakat Aceh mampu mempersiapkan diri dengan keramahannya, ini tentu membuat para atlet dan tim pendamping menjadi nyaman. Dengan demikian, tentu mereka akan kembali berkunjung ke Aceh. Hal ini tentu berimbas positif bagi pertumbuhan ekonomi Aceh di masa mendatang,” ujar Menpora.

Tidak semata sukses prestasi dan ekonomi, Menpora juga mengingatkan perhelatan PON juga harus sukses administrasi.


“Jangan sampai saat semuanya sukses, justru secara administrasi tidak baik, ini tentu harus menjadi perhatian Pak Gubernur selaku Ketua Umum PB PON Aceh-Sumut Wilayah Aceh,” kata Menpora berpesan.

“Saya optimis, masyarakat Aceh sangat siap menyambut kehadiran saudara-saudara dari seluruh Indonesia dengan ramah, sehingga mereka akan senang dan merasa aman agar kembali berkunjung ke Bumi Serambi Mekah agar memberi dampak ekonomi yang besar bagi Aceh. Saya yakin, orang Aceh pasti bisa,” kata Menpora.

Sebelumnya, Ketua Umum Komite Olahraga Nasional (KONI) Aceh Marciano Norman, dalam sambutannya menyampaikan apresiasi atas kerja keras Penjabat Gubernur Aceh serta seluruh unsur Forkopimda dan masyarakat Aceh yang telah secara bersama-sama mempersiapkan pelaksanaan PON di Bumi serambi Mekah.

“Apresiasi saya kepada Penjabat Gubernur Aceh, Forkopimda Aceh dan seluruh masyarakat yang telah mendukung Pemerintah dalam mempersiapkan gelaran PON XXI. Dengan dukungan masyarakat dan semua pihak, Insya Allah pelaksanaan PON akan mampu kita persiapkan dengan matang dan berjalan sukses,” ujar Marciano Norman.

Sementara itu, Penjabat Gubernur Aceh Achmad Marzuki, dalam sambutannya menyampaikan apresiasi atas kehadiran Menpora dan Ketua KONI Pusat yang telah hadir ke Aceh serta seluruh masyarakat yang hadir ke Blangpadang untuk menyaksikan peluncuran logo, tagline dan maskot PON XXI.

“Terima kasih atas kehadiran Bapak Menpora dan Ketua KONI Pusat serta dukungan masyarakat, terima kasih atas kehadirannya dalam peluncuran logo, tagline dan maskot PON Aceh-Sumut, mari bersama kita dukung persiapannya dan kita sukseskan pelaksanaan PON XXI, pada September 2024 mendatang,” ujar Achmad Marzuki.

Sebelum peluncuran maskot, logo dan tagline PON XXI Aceh-Sumut, Menpora didampingi Ketua KONI Pusat, Gubernur Aceh, Kapolda Aceh, Kajati Aceh dan perwakilan Ketua DPRA dan Perwakilan Pangdam Iskandar Muda, melepas peserta jalan santai. Jalan santai ini diselenggarakan untuk memeriahkan dan mempromosikan PON XXI Aceh-Sumut, kepada masyarakat luas. []

No More Posts Available.

No more pages to load.