Muhammad Iswanto Tutup STQ Aceh Besar

oleh -502 Dilihat
Penjabat (Pj) Bupati Aceh Besar Muhammad Iswanto, SSTP, MM bersama PJ TP PKK Aceh Besar Cut Rezky Handayani S.IP.,MM Menyerahkan Hadiah kepada Para Juara STQ Kabupaten Aceh Besar Tahun 2023 yang di selenggarakan di Komplek BPMP Provinsi Aceh, Gampong Niron Kecamatan Suka Makmur Selasa 2 Mei 2023

Siap Tampil pada MTQ Aceh di Simeulue

Jantho, Beaktual.com – Penjabat (Pj) Bupati Aceh Besar Muhamamd Iswanto SSTP MM menutup secara resmi kegiatan Seleksi Tilawatil Quran (STQ) tingkat Kabupaten Aceh Besar di komplek BPMP, Gampong Niron, Kecamatan Sukamakmur, Selasa 2 Mei 2023 malam. Kepada para juara, Pj Bupati Aceh Bessr itu berharap untuk mempersiapkan diri menuju perhelatan MTQ ke-36 Tingkat Provinsi Aceh di Kabupaten Simeulue.


Dalam sambutannya, Muhammad Iswanto menyampaikan apresiasi kepada semua pihak yang telah mendukung dan menyukseskan kegiatan STQ yang telah berlangsung sejak 28 April 2023 itu. 

“Alhamdulillah pelaksanaan Seleksi Tilawatil Quran (STQ) Tahun 2023 di Kabupaten Aceh Besar telah berjalan lancar sebagaimana harapan kita bersama. Patut kita syukuri bersama dan apresiasi kepada para panitia yang telah bekerja keras serta semua pihak yang telah membantu terlaksananya kegiatan mulia ini. Semoga Allah SWT, membalas kebaikan dan jasa baik kita semua dengan pahala berlipat ganda,” katanya.


Sehubungan dengan persiapan menghadapi perhelatan MTQ Provinsi Aceh di Simeulue Tahun 2023, kata Pj Bupati Aceh Besar, Pemerintah Aceh Besar dalam hal ini telah melakukan langkah-langkah untuk membentuk tim kafilah MTQ dengan komposisi peserta terbaik. 

Tentunya hasil dari seleksi ini perlu ditindaklanjuti dengan lebih fokus dengan mencari formulasi dan komposisi peserta yang sesuai dengan kebutuhan dan mampu bersaing di MTQ Provinsi Aceh nantinya.


Ia menambahkan, pelaksanaan STQ ini juga guna membangkitkan kembali kecintaan masyarakat dan generasi muda dalam mempelajari al-Quran dan mengembangkan bakat seninya, sehingga menjadikan Kabupaten Aceh Besar sebagai salah satu kabupaten pencetak kader-kader berprestasi yang mengharumkan nama daerah di level nasional maupun internasional. 

Oleh karena itu, Iswanto berharap kegiatan ini dapat terus berlanjut dan semakin digiatkan di berbagai tingkatan mulai dari tingkat gampong, kecamatan hingga Kabupaten, ditambah dengan pembinaan secara kontinyu oleh guru-guru pengajian di berbagai titik dalam wilayah Kabupaten Aceh Besar.


Iswanto melanjutkan, ke depan, tentunya tantangan kita dalam mencerdaskan anak bangsa semakin besar, oleh karenanya dibutuhkan tekad kuat dan niat yang sungguh-sungguh serta kerjasama yang baik dari seluruh elemen masyarakat dan juga pemerintah dalam menciptakan program-program unggulan yang mampu menjaga proses kaderisasi tetap berjalan dengan baik.

Pj Bupati Aceh Besar juga menyampaikan apresiasi kepada seluruh peserta STQ yang telah berjuang dan berkompetisi mengikuti STQ ini dengan penuh keikhlasan dan sungguh-sungguh untuk mendapat ridha Allah SWT serta dapat meraih prestasi yang baik. 

“Kami ucapkan juga selamat kepada para juara, semoga semakin termotivasi untuk belajar meningkatkan kemampuan diri dan bagi anak-anak kami yang belum berhasil tahun ini tetaplah semangat, Insya Allah kita doakan pada event akan datang dapat terpilih sebagai peserta terbaik,” ujarnya.


Sementara itu, ketua panitia pelaksana, Farhan AP menjelaskan, pelaksanaan STQ yang berlangsung sejak 28 April hingga 2 Mei 2023 itu berlangsung lancar dan sukses. Menurutnya, STQ tersebut diikuti 533 peserta dari 23 kecamatan se-Aceh Besar.


Adapun tujuan kegiatan ini adalah untuk memotivasi masyarakat dan generasi muda Islam agar semakin terpikat hatinya dengan al-Quran dan semakin tertarik untuk mempelajari Al-Quran. Di samping itu, nantinya akan menyeleksi qari dan qariah terbaik di tingkat Kabupaten Aceh Besar untuk nantinya diikutsertakan di jenjang MTQ Provinsi, bahkan tingkat nasional. Bahkan, Aceh Besar akan siap tampil pada MTQ Provinsi Aceh yang akan dilaksanakan di Kabupaten Simeulue beberapa bulan mendatang.


Farhan menambahkan, cabang dan golongan yang diperlombakan pada STQ tersebut adalah 24 cabang dan golongan untuk kategori putra dan putri. Total peserta seluruhnya berjumlah 533 orang (249 peserta putra dan 284 peserta putri) dari 23 kecamatan se-Aceh Besar.
Dalam kesempatan itu, Pj Bupati Muhammad Iswanto bersama Forkopimda dan pejabat terkait lainnya ikut menyerahkan hadiah dan piala kepada para juara STQ.


Ikut tampil pada penutupan STQ itu, Group Hadrah Baitul Quran Aceh Besar yang dipimpin oleh Tgk H Takdir Feriza SPdI. Kegiatan itu dihadiri Forkopimda, Sekdakab Drs Sulaimi MSi, para Staf Ahli Bupati, Asisten Sekdakab, Pj Ketua TP-PKK Aceh Besar Cut Rezky Handayani SIP MM, para Kepala OPD, camat, Kakankemenag Aceh Besar H Salman, dan tokoh-tokoh masyarakat. []

No More Posts Available.

No more pages to load.