Pantai Riting Leupung Aceh Besar Jadi Tujuan Wisata Paling Popular Saat Ini

oleh -301 Dilihat
Suasana pantai Riting Leupung

Jantho, Beaktual.com – Penjabat (Pj) Bupati Aceh Besar, Muhammad Iswanto, SSTP, MM,  melalui Kepala Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga (Disparpora) Abdullah, SSos, mengatakan, pantauan di awal tahun 2024, Pantai Riting yang berada di pesisir pantai Kecamatan Leupung menjadi llokasi wisata paling banyak dikunjungi masyarakat Kota Banda Aceh dan Aceh Besar sendiri. 

Hal itu sebagaimana disampaikan Abdullah S.Sis, Kepala Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga  Kabupaten Aceh Besar di Kota Jantho, Senin 22 Januari 2024. 

“Berdasarkan amatan kita di pantai Riting paling ramai dikunjungi saat ini, khususnya diawal penghujung 2023 hingga awal tahun 2024 ini,” sebutnya. 

Abdullah mengaku pemandangan hamparan laut yang menawan telah menjadi daya tarik tersendiri bagi para pengunjung yang kebanyakan berasal dari Kota Banda Aceh dan Aceh Besar,  bahkan dari masyarakat yang melintasi jalan menuju barat-selatan tersebut.

“Pantai Riting ini memiliki pantai yang indah dan bersisian dengan tebing menjadi pemandangan yang sangat indah, hampir sama dengan pantai lampuuk Lhoknga,” ujar Abdullah. 

Pantai Riting yang berlokasi tidak begitu jauh dari Kota Banda Aceh, hanya dengan 30 menit berkenderaan menyusuri ke arah pantai barat Provinsi Aceh, maka kita akan menemukan jejeran pantai yang menawan,  mulai Pantai Lhoknga hingga Leupung, Aceh Besar.

Pantai Riting telah memiliki fasilitas yang cukup nyaman sehingga sangat ramai dikunjungi karena lokasinya tidak terlalu terbuka dan terkesan tersembunyi, sehingga rasanya membuat pantai ini tetap asri dan jauh dari hiruk pikuk kenderaan.

“Ini mungkin salah satu alasan menjadi lokasi yang sangat ramai dikunjungi khususnya pada hari libur, bahkan menjadi lokasi camping pada malam liburan,” lanjut Kadisparpora itu. 

Pantai Riting dengan deru ombak yang sangat santai dan tidak terlalu mengancam menjadikan pantai ini pilihan untuk berakhir pekan bersama keluarga dan anak-anak.

“Perlindungan” yang di berikan oleh bukit kecil di penghujung pantai, memberi perlindungan dari hantaman angin yang kencang, sehingga terasa deruan ombak tidak terlalu mengkhawatirkan bagi keselamatan terutama bagi anak-anak dalam menikmati indahnya pantai dan serunya gelombang yang simple dan sederhana. 

Riting tidaklah sepopuler Pantai Lampuuk yang setiap akhir pekannya di penuhi penduduk dari Kota Banda Aceh dan Aceh Besar dalam menghabiskan liburannya bersama keluarganya. Tidak seheboh dan sesemrautnya Lampuuk yang penuh dengan gubuk-gubuk santai yang terasa sesak dan tidak asri, tapi Riting masih sangat terbuka dan rasa alaminya masih tersaji. []

No More Posts Available.

No more pages to load.