Pemkab Aceh Besar Mulai Galang Bantuan untuk Korban Gempa Turki dan Suriah

oleh -558 Dilihat
Pj Bupati Aceh Besar Muhammad Iswanto

Jantho, Beaktual.com – Penjabat Bupati Aceh Besar Muhammad Iswanto, S.STP MM menyampaikan ungkapan duka atas musibah gempa yang menimpa masyarakat Turki dan Suriah beberapa hari lalu. 

“Pemkab Aceh Besar bersama OPD telah mulai menggalang bantuan untuk  membantu masyarakat Turki dan Suriah yang dikoordinir oleh Badan Penanggulangan Bencana Daerah Aceh Besar. 

Hal ini, jelas Muhammad Iswanto, sesuai dengan Instruksi Pj Gubernur Aceh yang disampaikan kepada para Bupati/Walikota se-Aceh, Kepala SKPA, BUMN, BUMA, instansi vertikal dan masyarakat Aceh,” kata Iswanto kepada wartawan di Kota Jantho, Kamis siang 9 Februari 2023

Dikemukakannya, musibah gempa berkekuatan 7,8 SR itu telah membuat lebih dari 11.236 orang meninggal, ribuan orang terluka, disertai dengan kerusakan berbagai fasilitas sosial dan umum lainnya pada kedua negara. 

Menurutnya, pada saat musibah tsunami Aceh 26 Desember 2004 lalu, Turki telah ikut berperan dalam membantu rehabilitasi dan rekonstruksi  Aceh. Salah satunya dengan membangun dan membantu rumah korban tsunami di kawasan Lampuuk, Kecamatan Lhoknga. Terlebih Turki merupakan salah satu negara yang sangat banyak membantu masyarakat Aceh, khususnya Kabupaten Aceh Besar pasca gempa dan tsunami tahun 2004 lalu.

Penggalangan dana tersebut semata-mata untuk meringankan dan bentuk kepedulian Pemkab Aceh Besar dan masyarakatnya terhadap kemanusiaan yang tertimpa musibah alam. Untuk itu, Iswanto juga mengimbau seluruh masyarakat agar ikut membantu. 

Semua bantuan tersebut bisa dikumpulkan di BPBD Aceh Besar, yang nantinya setelah donasi serta bantuan terkumpul semua, akan diserahkan oleh Pj Bupati Aceh Besar kepada Pemerintah Provinsi Aceh. 

“Mari kita bersama-sama membantu meringankan korban musibah gempa yang dialami masyarakat Turki dan Suriah,” imbau Pj Bupati Aceh Besar.[]

No More Posts Available.

No more pages to load.