Penas-KTNA XVI Padang, Disnak Aceh Pamerkan Mesin Press Jerami Portabel

oleh -984 Dilihat
Nurwahidi, salah seorang inventor Mesin Press Jerami Portabel, sedang menjelaskan kegunaan dan sistem operasi mesin tersebut kepada pengunjung stand Aceh, di Penas-KTNA XVI, di Lanud Tabing, Padang, Sabtu 10 Juni 2023

Padang, Beaktual.com – Dinas Peternakan (Disnak) Aceh memamerkan mesin Press Jerami Portabel, karya Dr Hendra Saputra, bersama Drh Nurwahidi, staf di Disnak Aceh, di arena Pekan Nasional Kontak Tani Nelayan (Penas-KTNA) XVI, yang berlangsung hari ini, hingga 15 Juni 2023, di Lanud Tabing, Sabtu 10 Juni 2023

Nurwahidi, salah seorang inventor menjelaskan, dirinya bersama Dr Hendra dan tim merasa perlu memberikan edukasi kepada masyarakat terkait pemanfaatan jerami sisa panen, agar tidak dianggap sebagai limbah.

“Mesin Press Jerami Portabel ini diciptakan untuk pemanfaatan sisa jerami pasca panen, yang lazim dianggap limbah oleh masyarakat petani. Padahal, jerami sisa panen masih bisa dimanfaatkan sebagai pakan ternak alternatif untuk ternak ruminansia,” ujar pria yang akrab disapa Wahid itu.

“Oleh karena itu, Dr Hendra dan saya berama tim, mulai merancang mesin ini, agar jerami tidak terbuang sia-sia serta bisa dimanfaatkan untuk pakan ternak ruminansia,” imbuh Wahid.

Wahid bersama para inventor lainnya berharap, dengan inovasi Mesin Press Jerami Portabel ini, masyarakat petani dapat menjadikan jerami sebagai potensi ekonomi baru yang bisa dikembangkan.

Mesin Press Jerami Portabel menjadi salah satu primadona di stand Aceh. Sejumlah pengunjung antusias melihat, bertanya-tanya dan melihat penjelasan singkat tentang produk ini di video yang disediakan disnak Aceh.

Tak hanya Disnak, Stand Aceh juga diisi oleh perwakilan Dinas Pertanian dan Perkebunan Aceh, Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Dinas Kelautan dan Perikanan serta Dinas Pangan Aceh.

Sementara itu, saat dihubungi secara terpisah, Kepala Dinas Peternakan Aceh Zalsufran menjelaskan, Pemerintah Aceh akan terus mendorong para inventor untuk berinovasi, terkait pengembangan penemuan-penemuan tepat guna seperti ini Mesin Press Jerami Portabel ini, untuk mendukung program Presiden mewujudkan Indonesia sebagai Lumbung Pangan Dunia, di tahun 2045.

“Sebagaimana diketahui, Presiden RI Joko Widodo, menargetkan Indonesia menjadi Lumbung Pangan Dunia di tahun 2045 mendatang. Untuk itu, berbagai penemuan tepat guna seperti Mesin Press Jerami Portabel ini, tentu sangat mendukung upaya tersebut. Pemerintah Aceh melalui dinas terkait tentu akan memberi sokongan penuh kepada para inventor untuk terus berinovasi,” ujar Zalsufran.

Hari ini, Penas-KTNA dibuka oleh Menteri Pertanian RI Syahrul Yasin Limpo, di arwal Lanud Tabing. Selain Mentan, pembukaan juga dihadiri oleh Menteri Koordinator Bidang Perekonomian RI Erlangga Hartarto, serta para Gubernur, Bupati dan Wali Kota se-Indonesia. []

No More Posts Available.

No more pages to load.