Penjabat Gubernur Aceh Tinjau Lahan Pertanian dan Peternakan di Makorem Teuku Umar

oleh -159 Dilihat
Penjabat Gubernur Aceh, Achmad Marzuki, didampingi Penjabat Bupati Aceh Barat, Mahdi Efendi, dan Danrem Teuku Umar Kolonel Inf Riyanto, saat meninjau peternakan sapi Kelompok Tani Teuku Umar Farm, di Alue Peunyareng, Aceh Barat, Rabu 10 Mei 2023 lalu.

Meulaboh, Beaktual.com – Penjabat (Pj) Gubernur Aceh, Achmad Marzuki, meninjau lahan pertanian dan peternakan milik Kelompok Tani Teuku Umar Farm, di lokasi Korem Teuku Umar Meulaboh, Aceh Barat, Rabu 10 Mei 2023.


Pada lahan pertanian yang dikelola masyarakat dibantu oleh prajurit TNI AD, Pj Gubernur ikut menanam bawang pada lahan seluas 54 hektare.

Di lahan tersebut, di antaranya ditanami jagung, kacang tanah, bawang, pare, gambas, cabai dan padi. Ada juga ternak sapi, bebek dan ikan lele.

“Potensi Aceh sangat bagus. Orang bilang tanah rawa susah ditanami tanaman, buktinya ini jadi kok,” kata Achmad Marzuki.


Ia meminta agar Bupati mengajak serta Dandim dan Danrem untuk memberikan motivasi kepada masyarakat. “Buktikan jika di lahan berawa pun jika digarap dengan baik akan menghasilkan hasil tanaman yang bagus serta berproduksi tinggi,” tutur Pj Gubernur Aceh.

Danrem Teuku Umar, Kolonel Inf. Riyanto, mengatakan apa yang dilakukan Kelompok Tani Teuku Umar di Makorem, merupakan bagian dari program ketahanan pangan terintegrasi. Di mana konsep terintegrasi diterapkan. Mereka membantu pengembangan tanaman dengan pupuk organik hasil kotoran hewan yang dipelihara di sana.

“Kotorannya kita olah menjadi pupuk. Dan sapi ini, yang kasihnya pas datang ke sini kaget, sebentar saja sudah gemuk,” kata Riyanto.

Di lahan itu, para anggota kelompok tani dibantu prajurit TNI juga menanam pakan ternak seperti rumput dan pohon pisang.Pada saat kunjungan gubernur, beberapa jenis tanaman sudah bisa panen. Achmad Marzuki bahkan ikut memanen cabai dan gambas. “Kerja sama yang baik seperti ini penting,” kata Achmad Marzuki. []

No More Posts Available.

No more pages to load.