Perguruan Tinggi Diminta Membuka Prodi Sastra Aceh

oleh -887 Dilihat
Perguruan Tinggi di Aceh diminta untuk ambil langkah cepat membuka Program Studi (Prodi) Sastra Aceh sebagai upaya menyelamatkan bahasa Aceh agar tidak punah.
Perguruan Tinggi di Aceh diminta untuk ambil langkah cepat membuka Program Studi (Prodi) Sastra Aceh sebagai upaya menyelamatkan bahasa Aceh agar tidak punah.

Banda Aceh, Beaktual.com – Perguruan Tinggi di Aceh diminta untuk ambil langkah cepat membuka Program Studi (Prodi) Sastra Aceh, sebagai upaya menyelamatkan bahasa Aceh agar tidak punah,

Selain itu, sekolah-sekolah yang ada di Aceh, juga diminta untuk memasukkan pelajaran bahasa Aceh pada kegiatan muatan lokal.

Dua hal itu mengemuka dalam diskusi antara Lembaga Peduli Pendidikan (LPP) dan Majelis Adat Aceh (MAA) Kota Langsa, dengan Biro Kesra Setda Aceh, yang diterima oleh Bagian Kesra Biro Keistimewaan Aceh di Kantor Gubernur Aceh, Kamis  6 Oktober 2022.

Ilhafa, dari LPP, mengatakan, sekarang ini jumlah penutur bahasa Aceh di kalangan generasi muda semakin berkurang jumlahnya, terutama di daerah perkotaan.

Pernyataan Ilhafa dibenarkan oleh Ketua MAA Kota Langsa Drs H Mursyidin Budiman.

Mursyidin  mengatakan, berdasarkan pegalamannya saat membeli sesuatu di toko-toko yang penjaganya anak muda, sering ditemukan mereka hanya tersenyum, dan mengaku tidak mengerti saat diajak komunikasi dengan bahasa Aceh.

Menanggapi hal tersebut, Mukhsin Rizal, S.Hum., M.Ag., M.Si Kasubbag Kesra Non pelayanan Dasar I yang membidangi kebudayaan, pariwisata, olahraga  dan kepemudaan,  saat  mendampingi Kepala Bagian Kesra Non Pelayanan Dasar Biro Keistimewaan Aceh, Drs Amiruddin Yacob mengusulkan agar ke depan, ada  lembaga pendidikan di Aceh yang  mengambil peran menyelamatkan bahasa Aceh dari kepunahan.

“Semua yang terlibat dalam diskusi sepakat, ke depan perlu didorong agar ada Perguruan Tinggi di Aceh mau membuka Prodi Sastra Aceh, dan sekolah-sekolah juga perlu menambah jam pelajaran bahasa Aceh kepada anak didiknya,” kata Mukhsin.

No More Posts Available.

No more pages to load.