Pj Bupati Aceh Besar Hadiri Pembukaan CDM Meeting II PON XXI Aceh-Sumut

oleh -57 Dilihat
Pj Bupati Aceh Besar Muhammad Iswanto, S.STP MM menghadiri Pembukaan Chef De Mission Meeting (CDM) II PON XXI-2024 Aceh - Sumut di Hotel Hermes Palace, Banda Aceh, Rabu 26 Juni 2024 malam. FOTO/MC ACEH BESAR

Banda Aceh, Beaktual.com – Penjabat (Pj) Bupati Aceh Besar Muhammad Iswanto, S.STP MM menghadiri pembukaan Chef Demission Meeting (CDM) II PON XXI Aceh – Sumatera Utara tahun 2024, Wilayah Aceh di Ruang Aceh Balroom Hermes Palace Hotel , Banda Aceh, Rabu 26 Juni 2024 malam.

Pembukaan CDM Meeting II PON XXI Aceh-Sumut 2024 wilayah Aceh ini dilakukan oleh Ketua Umum KONI Pusat, Letjen TNI Purn Marciano Norman dan dihadiri oleh Ketua KONI se-Indonesia, termasuk Ketua KONI Aceh Kamaruddin Abubakar alias Abu Razak yang didampingi Wakil Ketua I KONI Aceh Tgk Anwar Ramli.

Dalam sambutannya, Marciano menyampaikan arahan Presiden RI Joko Widodo saat memimpin Rapat Terbatas (Ratas) pada 13 Juni 2024 terkait PON XXI Aceh-Sumut 2024.

“Pekan Olahraga Nasional XXI tahun 2024 di Aceh-Sumut tetap dilaksanakan sesuai agenda yang telah ditentukan, yaitu dibuka pada tanggal 8 September 2024 di Banda Aceh dan ditutup pada tanggal 20 September di Sumatera Utara,” katanya menjelaskan arahan Presiden RI usai menerima laporan berbagai pihak terkait.

Terkait jadwal, Ketua Umum KONI Pusat mengarahkan agar seluruh venue rampung pada bulan Juli 2024 dan setidaknya test event dapat terselenggara pada bulan Agustus 2024 ini. “Jadwal dan kesiapan seluruh venue wajib, sehingga pelaksanaan tepat waktu,” tuturnya,

Merespon arahan Presiden RI, KONI Pusat selaku penyelenggara mengajak agar persiapan semakin dimatangkan dan setiap ketua kontingen provinsi yang hadir melaksanakan sosialisasi ke daerah masing-masing. Seluruh informasi harus didapatkan saat CDM Meeting II, yang sebelumnya diawali di Kota Medan dan sekarang dilanjutkan di Kota Banda Aceh.

“Oleh karenanya, malam hari ini kita sudah di Aceh, saya mengharapkan komunikasi yang sangat baik antara saudara-saudara pimpinan kontingen dari 38 provinsi dan dari Ibu Kota Negara (IKN) untuk memanfaatkan kesempatan CDM Meeting kedua ini,” pesannya.

“Kesiapan PON XXI ini betul-betul dapat saudara berikan kepada anggota kontingen yang akan berangkat ke Sumatera Utara maupun ke Aceh. Harapannya PON XXI Aceh-Sumut 2024 sukses secara penyelenggaraan, administrasi, perekonomian, dan juga sukses prestasi,” pungkasnya.

Pj Gubernur Aceh Bustami Hamzah SE MSi dalam sambutannya pada pembukaan CDM Meeting II PON XXI di Banda Aceh menyatakan bahwa tuanrumah PON merupakan kehormatan sekaligus tanggung jawab kita semua bersama-sama untuk melaksanakan perhelatan ini secara baik dan bersahaja. 

“Kami ingin menjadi tuan rumah yang terbaik dalam melayani Bapak Ibu sekalian,” kata Bustami sambil menambahkan, Aceh  bertekad menjadikan PON XXI sebagai PON yang tak terlupakan dan tak tertandingi.

“Dan waktu terindah itu bukan di menit awal, melainkan di menit akhir, jadi jangan ragu dengan persiapannya, Insya Allah semua venue akan rampung di penghujung Juli,” tambahnya.

“Kami juga ingin menonjolkan keindahan alam dan ragam budaya yang ada di Aceh, seperti Sabang dengan Pantai Iboih, Takengon dengan Lot Tawarnya, dan masih banyak lagi situs wisata lainnya di Aceh,” menutup sambutannya.

Sekretaris PB PON Wilayah Aceh – Sumut Muhammad Nasir Syamaun SIP, MPA, dalam laporannya menyampaikan CDM Meeting II tersebut akan diselenggarakan selama tiga hari mulai tanggal 26 hingga 28 Juni 2024 dan dikuti 137 orang dari 38 provinsi.

“Acaranya digelar selama tiga hari dan diikuti oleh tiga orang utusan dari 38 provinsi dengan jumlah total 137 orang, dan nantinya mereka akan menyampaikan hasil dari CDM ini kepada Pj Gubernurnya masing-masing,” ujarnya.

Sementara itu secara terpisah, Pj Bupati Aceh Besar Muhammad Iswanto menyampaikan bahwa Pemerintah Kabupaten (Pemkab) bersama Forkopimda, OPD, dan masyarakat Aceh Besar, siap untuk mendukung dan menyukseskan perhelatan PON ke-21 yang akan digelar di Provinsi Aceh dan Sumatera Utara (Sumut) 8-20 September 2024 mendatang.

“Ditunjuk dan menjadi tuan rumah untuk sejumlah Cabor pada ajang berskala nasional, merupakan kehormatan dan kesempatan bagi Aceh Besar untuk menjadi tuan rumah terbaik pada pesta olahraga terbesar di Indonesia itu dan wajib kita sukseskan,” ujar Iswanto.

Iswanto menegaskan bersama seluruh masyarakat Aceh Besar, optimis dan yakin Provinsi Aceh mampu dan sukses dalam mengenban amanah sebagai tuan rumah pelaksanaan PON, sekaligus akan mencatat prestasi gemilang pada even bergengsi tersebut.

“Untuk itu, mari kita bersama-sama mendukung dan menyukseskan pelaksanaan PON ke-21 yang akan digelar pada bulan September 2024 mendatang,” ajaknya.

Pj Bupati Iswanto menambahkan, Kabupaten Aceh Besar ditunjuk untuk menjadi tuan rumah pada sejumlah cabang olahraga (Cabor) yang meliputi Cabor paralayang venuenya di Kecamatan Sukamakmur, Aero Sport dan Terjun Payung, seputaran Bandara Internasional Sultan Iskandar Muda, Dayung di Waduk Keuliling Kecamatan Kuta Cot Glie, Menembak di Lapangan Tembak Rindam Mata Ie, Kurash di komplek Jantho Sport City (JSC) dan Cabor selancar bertanding di venue yang berlokasi di Kecamatan Lhoknga.

“Tentu dengan ditunjuk sebagai tuan rumah dari sejumlah cabor ini seluruh komponen masyarakat Aceh Besar wajib mendukung untuk kesuksesan dan kelancaran even PON Aceh dan Sumut, terus melakukan sosialisasi dan menyiapkan kebutuhan venue serta harus selesai tepat waktu,” pungkasnya.

Pada seremonial CDM Meeting II tersebut Pj Gubernur Aceh Bustami Hamzah memasang penyematan Pin PON Aceh-Sumut kepada KONI NTT, KONI NTB, KONI Papua dan KONI Sumatera Utara.

CDM Meeting II juga turut dihadiri Ketua Panitia PON Aceh-Sumut, KONI Pusat, Ketua KONI seluruh Indonesia, Forkopimda Aceh, Pj Bupati/Walikota se Aceh dan Kepala SKPA. []

No More Posts Available.

No more pages to load.