Pj Bupati Aceh Besar Ikuti Rakor Inspektur Se-Indonesia

oleh -459 Dilihat

Jantho, Beaktual.com – Penjabat (Pj) Bupati Aceh Besar Muhammad Iswanto, S.STP MM bersama Kajari Aceh Besar Basril G SH MH, Kapolres Aceh Besar AKBP Carlie Syahputra Bustamam SIK MH, Sekdakab Aceh Besar Drs Sulaimi MSi, dan Inspektur Aceh Besar Zia Ul Azmi SH mengikuti Rapat Koordinasi (Rakor) Inspektur Daerah se-Indonesia secara zoom meeting dari Ruang Rapat Lantai III Setdakab Aceh Besar, Rabu 25 Januari 2023.

Menteri Dalam Negeri Muhammad Tito Karnavian dalam kesempatan itu menjelaskan, Rakor Inspektur seluruh Indonesia itu sangat penting sebagai tindak lanjut dari pertemuan antara Presiden Joko Widodo dengan para Forkopimda se-Indonesia di Sentul, 17 Januari 2023 lalu. 

Dalam pertemuan itu  menghasilkan sejumlah rekomendasi penting. Seperti pengendalian inflasi, menurunkan kemiskinan ekstrem, penurunan angka stunting, serta menjaga stabilitas politik dan keamanan menjelang pelaksanaan Pemilihan Umum Tahun 2024 mendatang.  

Dijelaskannya, salah satu tujuan dari rapat koordinasi ini adalah menyatukan persepsi dan sinergi antara penegak hukum dengan pengawas internal pemerintah.

Adapun peran APIP  adalah untuk memberikan peringatan dini dan mendukung Pimpinan Instansi Pemerintah meningkatkan efektivitas manajemen risiko dalam penyelenggaraan tugas dan fungsi Instansi Pemerintah Daerah se-Indonesia.

Dalam kegiatan yang dipusatkan di Hotel Borobudur itu, juga ditandatangani nota kesepahaman Menteri Dalam Negeri, Jaksa Agung, dan Kapolri tentang Kerjasama Aparat Pengawasan Intern Pemerintah dengan Aparat Penegak Hukum dalam penanganan pengaduan. Di samping itu, juga ikut diluncurkan Aplikasi “APIP Lapor”.

Kegiatan Rakor Inspektur seluruh Indonesia itu juga dirangkai dengan panel diskusi tentang Pengawasan Pengelolaan APBD dan Pengawasan Pelayanan Publik, Keuangan Desa, BUMD, serta Penguatan APIP dengan menampilkan makalah dari pejabat terkait. Hadir dalam Rakor Inspektur se-Indonesia itu, Jaksa Agung ST Burhanuddin, Wakil Mendagri John Wempi Wetipo, Kabareskrim Polri Komjen  Agus Andrianto, serta sejumlah pejabat departemen terkait lainnya.[]

No More Posts Available.

No more pages to load.