Pj Bupati Aceh Besar Tinjau Pasar Murah di Cot Keueung

oleh -506 Dilihat
Pj Bupati Aceh Besar Muhammad Iswanto SSTP, MM, meninjau pasar murah yang digelar di Halaman Meunasah Gampong Lampoh Tarom, Kemukiman Cot Keueng, Kecamatan Kuta Baro

Jantho, Beaktual.com – Bila lazimnya pasar murah atau pangan murah digelar di pusat kecamatan, Jumat 3 Maret 2023 tadi pagi, Pemkab Aceh Besar yang menggandeng Bulog Aceh serta SKPA terkait, menggelar Pasar Murah di kawasan di Halaman Meunasah Gampong Cot Tarom, Kemukiman Cot Keueng, Kecamatan Kuta Baro Aceh Besar.

“Kita sengaja mengadakan di sini yang jauh dari pusat kecamatan, agar pangan murah ini benar benar dirasakan manfaatnya oleh umi dan nyak nyak kami di gampong. Konon lagi ini menjelang Bulan Ramadhan, dan sebagian besar rakyat Zceh menyambutnya dengan sukacita. Termasuk dengan persiapan logistik kala Ramadhan,” kata Penjabat (Pj) Bupati Aceh Besar Muhammad Iswanto SSTP MM, saat membuka kegiatan Pasar Murah itu dengan melayani pembeli secara simbolis.

Seperti di lokasi lain sebelumnya, panitia menyediakan kupon yang didistribuikan melalui aparatur gampong, agar pembelian sembako bersubsidi itu berlangsung tertib. Selain itu juga barang kebutuhan telah dipak oleh panitia, hingga warga langsung terlayani.  Namun setelah itu panitia juga melayani pembeli sporadis, dengan catatan pembeli dngan kupon telah terayani semua. Paket sembako sporadis itu juga terbatas.  

Pasar murah yang digelar Pemkab Aceh Besar melalui Dinas Koperasi UKM dan Perdagangan Kabupaten Aceh Besar bekerjasama dengan Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Aceh, Perum Bulog Drive Aceh serta Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kabupaten Aceh Besar. 

Hadir dalam kegiatan tersebut, Asisten II perekonomian dan Pembangunan Setdakab Aceh Besar M Ali SSos MSi, Kepala OPD dan pejabat dijajaran Pemkab Aceh Besar, unsur TNI/Polri dan jajaran Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kabupaten Aceh Besar. 

Pasar murah rutin ini dilaksanakan untuk penekanan dan pengendalian inflasi perlu dilakukan serta dipantau secara masif. Artinya, ketika pemantauan dan pengendalian semakin sering dilakukan, maka pencegahan inflasi tinggi semaksimal mungkin dapat diatasi dan akan terbantu masyarakat selama menjalankan ibadah puasa di bulan yang penuh berkah ini.

Pj Bupati Aceh Besar Muhammad Iswanto mengatakan bahwa pasar murah tersebut digelar rutin menjelang Ramadhan 1444H. Dimana Pemerintah Kabupaten Aceh Besar terus berupaya memberikan dan memikirkan kesejahteraan serta meringankan beban perekonomian seluruh masyarakat Aceh Besar 

“Tetapi, tetap tujuan utamanya bisa bekerja sama untuk mengendalikan inflasi,” terangnya.

Pemkab Aceh Besar memiliki tugas yang sangat berat, utamanya harus bisa membuat harga bahan pokok tetap stabil. Ketika harga bahan pokok mengalami kenaikan, maka akan berdampak langsung pada masyarakat dan perekonomian masyarakat Aceh Besar.

“Untuk itu, saat ada yang mengalami kenaikan, maka pihaknya akan langsung melakukan penanganan,” terang Iswanto.

Bupati Aceh Besar mematangkan persiapan agenda yang akan dilakukan selama Ramadan. Salah satu program besar yang akan dilakukan yakni pasar murah yang digelar dibeberapa titik lokasi dalam Kabupaten Aceh Besar, terangnya.

“Tidak hanya di Cot Keu eng, di beberapa kecamatan juga akan digelar event yang serupa. Jadi, nantinya masyarakat Aceh Besar dapat menikmati pasar murah,” 

Selain pasar murah, Bupati Aceh Besar juga akan menggelar rangkaian kegiatan Ramadan. Seperti kegiatan Safari Ramadhan ke Kecamatan Kecamatan untuk mempererat ukhwah islamiah antar sesama masyarakat Aceh Besar. 

“Mari kita sama sama kita mempertebal keimanan antar sesama, selama sebulan penuh di ramadhan ini,” ajak Iswanto.

Sebelumnya, Kepala Diskopukmdag Aceh Besar Ir. Darmansyah, ST, MSi mengatakan pasar murah dilakukan untuk menjaga agar pasokan harga di pasar tetap stabil dan menjadi solusi bagi masyarakat dalam memenuhi kebutuhan menjelang meugang puasa nanti.

“Kita bersama-sama melakukan upaya untuk mengendalikan harga beberapa komoditas yang berpotensi merangkak naik, apalagi bulan puasa tinggal menghitung hari,” katanya.

Disampaikannya, ada lima lokasi digelarnya pasar murah merupakan wilayah yang dianggap sangat strategis, ke lima lokasi tersebut berada di Kecamatan Indrapuri Halaman Masjid Lampupok), Jumat 3 Maret 2023 di Kuta Baro (Halaman Meunasah Lampoh Taron, Cot Keueng), Sabtu 4 Maret 2023 di Kecamatan Seulimuem (Pasar Lamteuba). 

Selanjutnya pada Minggu 5 Maret 2023 di Halaman UDKP Kecamatan Lhoong, dan Senin 6 Maret 2023 di Kecamatan Suka Makmur di Halaman Masjid Lamlheue. 

Pantau  dilapangan, pasar murah yang merupakan salah satu upaya Pemerintah dalam memastikan ketersediaan bahan pangan pokok bagi masyarakat dengan harga terjangkau. 

Setidaknya ada lima komoditas yang disediakan Pemerintah dalam pasar murah tersebut. Kelima komoditas itu meliputi beras premium 10 kg Rp. 80.000, telur ayam 1 papan Rp. 35.000,  minyak goreng 2 liter Rp. 30.000, tepung 1 kg Rp. 10.000 dan gula pasir, 1 kg Rp. 11.000 dan 2 kg Rp. 22.000. []

No More Posts Available.

No more pages to load.