Pj Bupati Muhammad Iswanto Bersama Anggota DPR RI H. Irmawan Meresmikan Vertikal Dryer Di Gampong Weu Krueng

oleh -1037 Dilihat
Bupati Aceh Besar Muhammad Iswanto S.STP.,MM Mendampingi anggota DPR-RI H.Irmawan Pemakaian Vertikal Drayer 10 ton Di Gampong Weu Krueng, Kec. Montasik kamis 12 Januari 2023

Jantho, Beaktual.com – Penjabat (Pj) Bupati Aceh Besar Muhammad Iswanto SSTP MM bersama Anggota Komisi V DPR RI H Irmawan SSos MSi, Rabu 12 Januari 2023 bakda ashar, meresmikan operasional pengeringan gabah secara mekanis, berupa vertikal dryer, di Gampong Wue Krueng Kecamatan Montasik Kabupaten Aceh Besar. 

“Ini bukti jika pemerintah tak pernah tidur dalam memikirkan nasib rakyatnya,” kata Muhammad Iswanto, di sela sela acara peresmian.

Fasilitas pengeringan gabah secara masinal itu, adalah yang pertama di Aceh Besar. Atas nama Pemkab Aceh Besar dan pribadi, Iswanto menyatakan terimakasih dan apresiasi kepada teman teman legislator di Jakarta, khususnya kepada H Irmawan, yang telah membantu para petani di Aceh Besar. 

“Untuk itu mari kita syukuri dengan menjaga dan menggunakan sebaik baiknya fasilitas ini, agar benar benar bisa dimanfaatkan untk kesejahteraan petani di Aceh Besar,” tutur Iswanto.

Sementara itu, H. Irmawan dalam kesempatan itu mengatakan, bantuan pengering masinal tersebut adalah program dari Kementerian Petanian dan ia lalu membawa program itu ke Aceh. 

“Selama ini kami lihat petani sering kewalahan menjemur gabah hasil panen mereka, karena sangat tergantung dengan kondisi cuaca. Tapi dengan adanya mesin pengering vertikal ini, tak perlu lagi khawatir terhadap cuaca, karena gabah dikeringkan dengan mesin,” kata Irmawan.

Bahkan menurut Irmawan, kualitas gabah justru lebih baik, karena suhu pengering yang stabil. Mesin pengering masinal bantuan Kementan melalui H Imawan itu berkapasitas 10 ton dengan waktu pengeringan hanya delapan jam. Selain itu kering gabah juga lebih merata, dengan prosentase standar kering gabah 14 persen, dan prosentase patahan dalam batas toleransi.

Mesin pengering vertikal itu juga tak butuh lahan yang luas, hanya dengan ukuran tanah 10×10 meter, fasilitas itu sudah bisa dibangun. Dengan kehadiran mesin pengering gabah secara indoor itu, kualitas gabah petani di Aceh Besar juga makin teruji dan siap bersaing di pasaran lokal atau bahkan antar propinsi.

Turut mendampingi Pj Bupati dalam kesempatan itu, Kadis Pertanian Ir Jakfar, Kepala Bappeda Dra Rahmawati A Wahab, Kabag Prokopim Abes Imam Munandar, sementara Irmawan didampingi oleh Sekjen PKB Aceh, Munawar.Sehari sebelumnya, Pj Bupati Muhammad Iswanto dan H Irmawan juga meresmikan jembatan gantung yang menghubungkan Gampong Siron Krueng dengan Siron Blang di Kecamatan Kuta Cot Glie.[]

No More Posts Available.

No more pages to load.