Tekan Inflasi, Pj Gubernur Buka Kegiatan Pasar Murah di Takengon

oleh -35 Dilihat
Penjabat (Pj) Gubernur Aceh Bustami Hamzah SE MSi, meninjau Pasar Tradisional Paya Ilang, Bebesen, 7 Juni 2024

Takengon, Beaktual.com– Dalam upaya menekan inflasi, Penjabat (Pj) Gubernur Aceh Bustami Hamzah SE MSi, membuka kegiatan pasar murah di Takengon, Selasa, 4 Juni 2024. Pasar murah yang berlokasi di Pasar  Tradisional Paya Ilang, Bebesen, ini akan berlangsung dari tanggal 4 sampai 7 Juni 2024.

Di pasar murah ini harga sejumlah kebutuhan harian dijual dengan harga yang terjangkau, seperti beras premium Rp 94 rb per 10 kg, gula pasir Rp 28 rb per 2 kg, minyak goreng Rp 32 rb per 2 liter, dan telur ayam Rp 42 rb per papan.

Seremonial pembukaan pasar murah tersebut turut dihadiri Pj Bupati Aceh Tengah, Pj Bupati Bener Meriah, Pj Bupati Aceh Tenggara, Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Aceh, serta sejumlah kepala SKPA dan Biro terkait.

Usai pembukaan pasar murah, Pj Gubernur juga meninjau geliat Pasar Paya Ilang dengan mengunjungi sejumlah lapak pedagang buah dan sayur. Bustami tampak beriteraksi dengan para pedagang dengan menanyakan kondisi penjualan mereka.

Plt Kelapa Biro Administrasi Pimpinan Setda Aceh M Gade yang ikut mendampingi Pj Gubernur, mengatakan, saat ini kondisi inflasi di Aceh dapat dikatakan meningkat dibandingkan dengan infasi di tingkat nasional.

M Gade menjelaskan, inflasi gabungan 5 Kota yang menjadi standar Indeks Harga Konsumen Aceh sampai dengan Mei 2024 mencapai sebesar 0,15% untuk ukuran bulan ke bulan, lebih tinggi dibanding nasional, yang mengalami deflasi sebesar 0,03%. Untuk pertumbuhan tahun ke tahun, inflasi Aceh juga lebih tinggi yaitu 3,32% dibanding inflasi nasional yang sebesar 2,84%.

Di tengah situasi tersebut, kata M Gade, Aceh Tengah tercatat sebagai daerah yang mengalami kenaikan inflasi tertinggi di Aceh selama empat bulan terakhir ini, yakni sebesar 4,91%.

“Karena itu, Pemerintah Aceh terus melakukan berbagai upaya untuk mengatasi beban masyarakat akibat inflasi ini. Salah satunya adalah melalui kegiatan yang kita lakukan saat ini,” kata M. Gade.

Sementara itu, dalam rangka penanganan inflasi dan stabilisasi harga bahan pokok menjelang Hari Besar Keagamaan Nasional, Pemerintah Aceh juga dikatakan bekerja sama dengan Perum Bulog Kantor Wilayah Aceh, serta Pemerintah Kabupaten/Kota, akan melaksanakan Kegiatan Pasar Murah Menyambut Idul Adha 1445 Hijriah.

Kegiatan ini dijadwalkan akan dilaksanakan di 22 Kabupaten/Kota secara serentak mulai Selasa hingga Jumat, tanggal 4 hingga 7 Juni 2024.

Total ada 57 titik lokasi pasar murah yang dilaksanakan di 22 Kabupaten/Kota. Barang kebutuhan pokok yang dijual antara lain beras, gula pasir, minyak goreng, dan telur ayam.

Selain itu, Pemerintah Aceh bekerja sama dengan Perum Bulog Kantor Wilayah Aceh, juga akan melaksanakan Gerakan Pangan Murah Kabupaten/Kota dengan Indeks Harga Konsumen (IHK) tinggi, yaitu di Kabupaten Aceh Barat dan Kota Lhokseumawe, Kota Banda Aceh dan Kabupaten Aceh Tamiang. []

No More Posts Available.

No more pages to load.