Diiringi Tabuhan Rapai, Pj Bupati Buka FASI XIII Tingkat Kabupaten Aceh Besar

oleh -532 Dilihat
Pj Bupati Aceh Besar Muhammad Iswanto, S.STP MM bersama ketua DPRK Aceh Besar Iskandar Ali S.Pd, M.Si dan Ketua BKPRMI Aceh Mulia Rahman menabuh gendang pertanda dimulai acara FASI ke-XIII tingkat Kabupaten Aceh Besar di Masjid At-Thahirah Gampong Lamcot, Darul Imarah, Aceh Besar, Rabu 25 Oktober 2023 malam. FOTO/PROKOPIM ACEH BESAR

Jantho, Beaktual.com – Penjabat (Pj) Bupati Aceh Besar Muhammad Iswanto S.STP, MM, Rabu 25 Oktober 2023 malam membuka secara resmi Festival Anak Saleh Indonesia (FASI) XIII Tingkat Kabupaten Aceh Besar Tahun 2023 di Komplek Masjid At-Thahirah, Gampong Lamcot, Kecamatan Darul Imarah, Aceh Besar. Peresmian tersebut ditandai dengan menabuh rapai, sebuah perangkat musik perkusi khas Aceh, bersama Ketua DPRK Iskandar Ali dan petinggi daerah lainnya.

Pada kesempatan itu Iswanto menyampaikan apresiasi dan terimakasih kepada Badan Komunikasi Pemuda Remaja Masjid Indonesia (BKPRMI) yang telah memprakarsai kegiatan FASI ke-13 Tingkat Kabupaten Aceh Besar Tahun 2023 itu. 

“Tentunya Pemerintah Kabupaten Aceh Besar sangat mendukung segala kegiatan yang mampu memberikan kontribusi positif bagi pembangunan Kabupaten Aceh Besar, terlebih kegiatan yang mendukung pembangunan keagamaan yang berkontribusi pada perkembangan generasi qurani di Kabupaten Aceh Besar, sebagaimana pelaksanaan FASI ini,” ujarnya.

Iswanto mengatakan, Pemkab Aceh Besar pada tahun 2022 lalu melalui Baitul Mal Aceh Besar telah mencairkan dana insentif kepada TPA dan Bale Beut yang ada di Aceh Besar dan Insya Allah tahun 2023 akan dicairkan pada bulan depan. 

“Dana ini merupakan bentuk kepedulian Pemkab Aceh Besar terhadap generasi yang cinta Al-Quran, semoga dana yang diberikan ini dapat bermanfaat bagi generasi qurani dan pada malam ini Pemkab Aceh Besar juga menyumbang material untuk kelanjutan pembangunan Masjid Attahirah Gampong Lamcot,” ucap Pj Bupati Aceh Besar.

Iswanto berharap dengan adanya kegiatan ini dapat melahirkan generasi Islam di Aceh Besar yang shaleh, beriman dan berakhlak mulia, generasi qurani yang gemar membaca, mempelajari, dan mengamalkan isi kandungan Al-Quran dalam kehidupan sehari-hari. 

“Semoga kegiatan ini sebagai persiapan dan dapat menghasilkan insan qurani terbaik Aceh Besar dalam rangka menuju FASI 2023 yang diselenggarakan oleh BKPRMI Aceh di Kabupaten Aceh Barat Daya mendatang,” ungkapnya.

Sementara itu Ketua BKPRMI Aceh Dr. Mulia Rahman, SPdI MA pada kesempatan itu menyampaikan terimakasih kepada Pemkab Aceh Besar dan semua pihak yang telah berkontribusi untuk kesuksesan FASI ke-13 tersebut, karena FASI ini merupakan agenda tahunan. “Terimakasih untuk semuanya yang telah memberikan kontribusi, semoga ke depan FASI ini menjadi agenda tahunan Pemkab Aceh Besar,” ujarnya.

Hal senada juga disampaikan oleh Ketua BKPRMI Aceh Besar Hermansyah Zayn S.Pd.I bahwa FASI ini digelar setiap tahunnya, dan Aceh Besar pernah meraih juara kedua FASI tingkat Nasional serta di tahun kemarin meraih juara ketiga tingkat Provinsi Aceh. 

“Terimakasih kami sampaikan kepada semua pihak yang telah memberikan kontribusi sehingga terselenggaranya FASI ini, karena FASI ini sudah menjadi agenda rutin daerah dan dimotori langsung oleh BKPRMI dan semoga juga ke depan FASI menjadi agenda rutin Pemkab Aceh Besar, serta dengan hadirnya pemerintah para peserta FASI yang meraih juara dapat memberi kontribusi pada FASI tingkat Provinsi yang akan diselenggarakan oleh BKPRMI Aceh di Aceh Barat Daya,” harapnya.

Sementara itu Ketua Panitia Pelaksana Mujiburrahman S.Pd.I, MM melaporkan bahwa pada FASI ke-13 tahun 2023 ini ada 1.320 peserta yang mengikuti lomba, dan akan menghasilkan 150 orang juara dari cabang tingkat Taman Kanak-kanak Al Qur’an (TKA), Taman Pendidikan Al Qur’an (TPA) dan Ta’limul Quran Lil Aulad (TQA). 

“Cabang yang akan diperlombakan besok diantaranya tartil, azan dan iqamah, peragaan shalat, ikrar dan puitisasi tarjamah Al Qur’an, nasyid islami, cerdas cermat, mewarnai gambar dan ceramah agama,” jelasnya.

Menurutnya para pemenang FASI akan akan naik ke jenjang Provinsi untuk mengikuti lomba yang akan diselenggarakan oleh BKPRMI Provinsi Aceh di Blangpidie, Aceh Barat Daya. “FASI ke-13 ini juga diwarnai dengan donor darah dan penggalangan dana untuk Palestina,” pungkasnya. 

Turut hadir Pj Ketua TP-PKK Aceh Besar, Ketua dan sejumlah Anggota DPRK Aceh Besar, Kadis DSI, Kadis Kominfo Kepala Bappeda, Plt Disdikbud Aceh Besar, Sekretaris Dewan DPRK Aceh Besar, Kabag Prokopim, Ketua MPU, Kepala Baitul Mal Aceh Besar, Ketua BKPRMI Aceh, Ketua BKPRMI Aceh Besar, Camat Darul Imarah dan Forkopimcam Darul Imarah, para Camat seAceh Besar, Imum Mukim se Darul Imarah, Keuchik dan perangkat Gampong Lamcot, para Keuchik se Darul Imarah beserta para peserta FASI XIII dan masyarakat Gampong Lamcot. []

No More Posts Available.

No more pages to load.