Empat Rumah di Lam Alue Cut Dilalap Api, Pj Bupati Aceh Besar Koordinasikan Penanganan Cepat

oleh -518 Dilihat
Kadis Sosial Aceh Besar, Bahrul Jamil SSos MSi (jaket merah) menyerahkan bantuan masa panik untuk korban kebakaran di Lam Alue Cut. Foto Dinsos Abes.

Jantho, Beaktual.com – Sedikitnya empat unit rumah dilalap api di Gampong Lam Alue Cut Kecamatan Kutabaro, Kabupaten Aceh Besar, Rabu 28 Desember 2022 sekira pukul 16.40 WIB. 

Pj Bupati Aceh Besar Muhammad Iswanto langsung berkoordinasi dengan BPBD dan Dinsos Aceh Besar untuk melakukan penangananan cepat serta mensuplai bantuan masa panik. 

“Sudah tugas kami untuk hadir secepatnya di tengah rakyat yang musibah, mulai dari penanganan bencana hingga distribusi banuan masa panik, dalam kesempatan pertama. Alhamdulillah, rekan rekan di BPBD serta Dinsos langsung bergerak,” kata Muhammad Iswanto.

Pada bagian lain, Iswanto juga berterimakasih kepada manajemen Jalan Tol Sibanceh yang telah menurunkan armadanya untuk ikut membantu memadamkan api. “Terimakasih juga untuk semua pihak, terutama jajaran TNI/Polri dan masyarakat yang telah menunjukkan sikap empati lewat gotong royong memadamkan api,” ujar Iswanto.  

Pj Bupati Aceh Besar Muhammad Iswanto SSTP MM yang sedang menjalani tugas di luar daerah, secara khusus juga menyampaikan duka yang mendalam atas musibah yang menimpa warganya. 

“Atas nama Pemkab Aceh Besar dan pribadi, Saya mengucapkan duka cita mendalam atas musibah yang menimpa warga saya di Lam Alue Cut. Semoga mereka tetap tabah dan ini semua adalah ujian dari Allah SWT terhadap hambaNya,” ujar Iswanto.

Pada sisi lain, Iswanto mengingatkan agar masyarakat Aceh Besar meningkatkan kewaspadaan dan juga meningkatkan naluri mitigasi bencana, termasuk mewaspadai potensi bencana kebakaran di rumah masing masing, seperti mematikan kompor dan arus listrik saat usai digunakan dan lainnya. 

“Kita juga meminta masyarakat untuk mewaspadai efek dari kondisi cuaca ekstrem yang saat ini terjadi, yang bisa memunculkan kebakaran lahan, longsor hingga banjir

Sementara Kalaksa BPBD Aceh Besar, Ridwan Jamil SSos MSi didampingi Personil Pusdalops Maswani, mengatakan, sebanyak empat KK yang menjadi korban terdampak kebakaran itu, kini telah ditampung di rumah kerabat dan tetangga terdekat. 

“Sejauh ini belum diketahui penyebab amuk api itu, karena masih dalam penelusuran pihak berwajib. Tak ada korban jiwa dalam insiden tersebut, namun nyaris semua harta benda lenyap akibat kebakaran,” kata pria yang akrab disapa RJ itu.

Dirincikan, empat keluarga yang terdampak kebakaran itu adalah, Mustafa (53) rumah permanen, Syarifuddin (41) rumah semi permanen, keduanya rumah rusak berat atau nyaris rata dengan tanah. Dua lainnya adalah,  rumah Dakasi (65) rumah semi permanen rusak ringan, serta Salmi (57) rumah permanen rusak ringan.

BPBD Aceh Besar mengerahkan dua unit damkar untuk memadamkan api tersebut, serta dibantu tiga unit mobil tanki air dari proyek jalan tol Sibanceh. Proses pemadaman dan pendinginan berlangsung hingga menjelang magrib.

Sementara itu, Rabu 28 Desember 2022 malam, sejenak turunnya personil BPBD Aceh Besar dari lokasi, tiba bantuan masa panik yang dibawa oleh Dinsos Aceh Besar yang langsung dipimpin oleh Kadis Sosial Aceh Besar, Bahrul Jamil SSos MSi.

Selain membawa bantuan masa darurat berupa sandang dan pangan, tim Dinsos Abes juga memasang tenda untuk korban terdampak di sekitar lokasi kebakaran. 

“Jangan dilihat dari jumlahnya, namun inilah bentuk kepedulian Pemkab Aceh Besar terhadap semua rakyatnya yang mengalami musibah, yaitu hadir dalam kesempatan pertama memberikan bantuan kedaruratan,” kata Bahrul Jamil yang akrab disapa Bj itu.[]

No More Posts Available.

No more pages to load.