Peduli Peran Penyuluh Agama, Pj Bupati Aceh Besar Terima Penghargaan dari Menteri Agama RI

oleh -1507 Dilihat
Penjabat ( PJ ) Bupati Aceh Besar Muhammad Iswanto, S.STP MM Menerima Piagam Apresisi Sebangai Kepala Daerah yang Telah Berpartisipasi Mendukung Program Penguatan Fungsi Penyuluh Agama dan Pembentukan Kampung Moderasi Beragama yang di serahkan langsong Oleh Mudir Ma’had Daarut Tahfizh, Ust. H. Zulfikar, M.Ag kepada Pj. Bupati Aceh Besar Muhammad Iswanto, S.STP MM, Meuligoe Bupati Aceh Besar, Kota jantho, Senin 28 Agustus 2023.

Jantho, Beaktual.com Penjabat (Pj) Bupati Aceh Besar, Muhammad Iswanto, menerima penghargaan Penyuluh Agama Islam Award dari Menteri Agama RI. Penghargaan tersebut diberikan sebagai bentuk apresiasi terhadap kepala daerah yang mendukung penguatan penyuluh agama, dan pembentukan kampung moderasi beragama melalui anggaran daerah. 

Sertifikat apresiasi tersebut diterima Pj Bupati Aceh Besar dari Pejabat Kantor Wilayah Kementerian Agama Aceh, Ustadz Zulfikar, di Meuligoe Bupati Aceh Besar, pada Senin, 28 Agustus 2023

Dalam kesempatan itu Pj Bupati Aceh Besar, Muhammad Iswanto, juga menyerahkan 80 Alquran mushaf Madinah kepada Ustadz Zulfikar selaku pimpinan Pesantren Tazfid di Ajun, Peukanbada, Aceh Besar.  “Terimakasih atas sertifikat dari Bapak Menag, sekalian hari ini kami juga menyerahkan 80 Alquran mushaf Madinah untuk pesantren tahfiz di Ajun,” tutur Iswanto.

Sebelumnya Menteri Agama RI, Yaqut Cholil Qoumas, menyerahkan langsung penghargaan kepada 56 bupati/walikota dari seluruh Indonesia yang terpilih sebagai pendukung penyuluhan agama Islam di daerah masing-masing, di Jakarta pada Rabu, 9 Agustus 2023. 

Pada saat yang sama, Pj Bupati Muhammad Iswanto berhalangan hadir untuk menerima langsung karena harus menghadiri rapat sidang paripurna di Kantor DPRK Aceh Besar. Sehingga penghargaan diterima oleh perwakilan. 

Pj Bupati Muhammad Iswanto menyampaikan rasa syukur dan terima kasih atas penghargaan yang diberikan kepada dirinya. Penguatan fungsi penyuluh agama dan pembentukan kampung moderasi beragama bisa dilaksanakan berkat dukungan semua pihak. 

Lebih lanjut, Iswanto mengatakan, peranan penyuluh agama Islam sangatlah penting karena pembangunan manusia tidak hanya dari segi jasmani fisik semata, tetapi juga rohaniah sehingga menjadi pribadi yang baik sesuai tuntutan agama dan tidak melakukan perbuatan yang salah baik secara agama maupun negara. 

“Saya berharap penyuluh agama di Aceh Besar terus berjuang melakukan upaya pembangunan manusia melalui program bimbingan dan penyuluhan yang kreatif, inovatif dan berdampak baik ditengah masyarakat,” ujarnya. 

Sementara itu, Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas saat acara pemberian penghargaan mengapresiasi kepedulian para kepala daerah tentang pentingnya arti penyuluh agama di wilayahnya. 

“Sepanjang saya jadi Menteri Agama, baru pertama kali acara didatangi oleh banyak sekali kepala daerah. Saya harus memberikan ucapan terima kasih secara khusus, karena ini bukti bahwa kepala daerah memiliki perhatian yang sama terhadap penyuluh agama,” katanya. []

No More Posts Available.

No more pages to load.