Pj Bupati Muhammad Iswanto Hadiri Penganugerahan ADWI 2023

oleh -631 Dilihat

Jakarta, Beaktual.com – Penjabat Bupati Aceh Besar, Muhammad Iswanto SSTP MM akan menghadiri acara Malam Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2023, yang berlangsung secara marathon sejak pukul 14.00 s/d 22.00 WIB di Teater Tanah Airku, Taman Mini Indonesia Indah (TMII), Jakarta, Minggu 27 Agustus 2023 hari ini.

Dari Aceh hanya dua orang kepala daerah yang diundang Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif ke acara tersebut, yaitu Penjabat Bupati Aceh Besar dan Penjabat Walikota Sabang, Drs Reza Fahlevi MSi. Keduanya diundang karena desa atau gampong dalam wilayah mereka masuk dalam nominator 75 desa/gampong wisata terbaik pada penilaian Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2023. 

“Alhamdulillah, tahun ini kita Aceh Besar kembali masuk 75 nominator Anugerah Desa Wisata tahun 2023, yaitu Gampong Lubok Sukon Kecamatan Ingin Jaya, Kabupaten Aceh Besar. Mari kita doakan bersama agar Gampong Lubok Sukon sukses meraih yang terbaik di tingkat nasional,” tutur Muhammad Iswanto yang ditemui awak media, sejenak menuju Jakarta, Sabtu (26/08/2023) siang.

Menurut Iswanto, Aceh Besar pernah meraih yang terbaik dalam ADWI tahun 2021 lalu. Kala itu, Gampong Nusa Kecamatan Lhoknga, Aceh Besar, meraih juara 1 ADWI tahun 2021 Kategori Desa Homestay. 

“Dengan dukungan semua pihak, baik seluruh rakyat Aceh terkhusus warga Aceh Besar, mudah mudahan tahun ini kita bisa membawa pulang kembali status terbaik itu ke Aceh, dengan kategori apapun. Insha Allah,” kata Iswanto.

Acara puncak ADWI kali ini juga dihadiri seluruh perwakilan dari 75 nominator juara ADWI tahun 2023. Acara itu juga akan dihadiri beberapa menteri yang terkait dengan kepariwisataan dan ekonomi kreatif. Seperti Menko Perekonomian, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) RI.

Setelah tahun 2021 Aceh Besar mengharumkan nama Aceh di level nasional ADWI. Tahun 2022 giliran Kota Banda Aceh melalui Gampong Uleelheu yang meraih juara 2 nasional untuk kategori CHSE.

Desa Wisata Lubok Sukon Kabupaten Aceh Besar yang masuk dalam 75 besar desa wisata terbaik pada penilaian Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2023, telah dikunjungi langsung oleh Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno, dalam rangka penilaian lapangan pada 13 April 2023 silam. 

“Usai dikunjungi Menparekraf Sandiaga Uno pada April lalu, Lubok Sukon terus berbenah untuk dinilai lebih lanjut menuju Anugerah Desa Wisata Indonesia 2023,” ujar Muhammad Iswanto yang didampingi oleh Kepala Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga Kabupaten Aceh Besar, Abdullah S.Sos.

Pemerintah Kabupaten Aceh Besar melalui Kepala Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga (Disparpora) Aceh Besar, Abdullah, SSos, mengajak seluruh masyarakat Aceh secara umum dan Aceh Besar khususnya untuk mengunjungi link youtube berikut untuk memberikan dukungan melalui voting mendukung Gampong Lubok Sukon di Ajang ADWI tahun 2023. 

“Mari kunjungi link https://youtu.be/0VtG1mM5iDQ, berikan voting untuk meraih lebih banyak nilai, mudah-mudahan Gampong Lubok Sukon terpilih pada ADWI 2023 ini,” harap Abdullah.

Berdasarkan data yang ada, dari 7.276 total jumlah desa wisata di Indonesia, telah terjaring 4.573 desa wisata yang mendaftar di ADWI 2023. Setelah melalui seleksi dan profil yang telah dikirimkan, ditetapkan 500 desa sebagai desa wisata terbaik yang lolos tahap awal. Lalu setelahnya, 500 desa wisata tersebut kembali diseleksi menjadi 75 besar desa wisata terbaik pada penilaian Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2023.

Tahun ini, Aceh Besar dan Kota Sabang yang mewakili Provinsi Aceh pada ADWI 2023. Sebagaimana diwartakan sebelumnya, dari 75 desa wisata tersebut akan menerima penghargaan dengan lima kategori, yaitu Daya Tarik Pengunjung, Homestay dan Toilet, Digital dan Kreatif, serta Kelembagaan Desa Wisata & CHSE. []

No More Posts Available.

No more pages to load.