Pj Bupati Aceh Besar Resmikan Fasilitas Lumbung Pangan untuk Petani Lhoong

oleh -560 Dilihat
PJ.Bupati Aceh Besar Muhammad Iswanto S.STP.,MM didampingi Asisten 2 Sekdakab Aceh Besar M.Ali S.Sos.,M.Si dan Kepala OPD terkait Meresmikan sekaligus meninjau Lumbung Pangan gabungan Kelompok Tani di Gampong Blang MEE kecamatan Lhong Jum'at 10 Februari 2023

Menjaga Inflasi dan Perkuat Ketahanan Pangan

Jantho, Beaktual.com – (Pj) Bupati Aceh Besar, Muhammad Iswanto, S.STP MM meresmikan fasilitas gudang lumbung pangan untuk kelompok petani yang ada di Kecamatan Lhoong, Jumat siang 10 Februari 2023. Fasilitas yang berada di Gampong Teungoh Blang Mee itu, antara lain meliputi gudang penyimpanan, mesin pengering dan pengupas gabah, dan lantai jemuran padi. 

Iswanto mengatakan,  pembangunan lumbung pangan tersebut dilakukan pemerintah untuk menjaga inflasi dan ketahanan pangan di Aceh Besar. Pada tahun ini, ada empat fasilitas lumbung pangan yang dibangun di Aceh Besar melalui pendanaan APBN, APBD, maupun APBK. 

“Swasembada pangan akan terus kita pertahankan dan menjaga harganya agar selalu stabil di tengah berbagai kondisi yang berat,” kata Iswanto. 

Pj Bupati Aceh Besar berharap, para petani di Kecamatan Lhoong yang terhimpun dalam kelompok tani Gapoktan Bersama Sadar, dapat menjaga dan merawat fasilitas yang diberikan pemerintah itu. Fasilitas tersebut berhasil dibangun di tengah kondisi defisit anggaran daerah.

Sementara itu, Kepala Dinas Pangan Aceh Besar, Fuadi Ahmad, menjelaskan, fasilitas lumbung pangan tersebut bertujuan untuk meningkatkan volume cadangan pangan kelompok untuk menjamin akses dan kecukupan pangan bagi masyarakat. Kemudian gudang itu juga menjadi tempat penyimpanan hasil panen, untuk mengatasi saat gagal panen dan paceklik. 

“Gudang lumbung pangan ini juga menjadi sarana untuk mengantisipasi pada saat harga beras naik di pasaran, dimana  kebutuhan pangan bagi rumah tangga tetap dapat terpenuhi dari gudang ini dengan harga yang terjangkau dan kualitas barang yang bagus dan cukup,” kata Fuadi.

Ketua Kelompok Tani Gapoktan Bersama Sadar, Fakhrizal, menyampaikan terima kasih atas perhatian pemerintah untuk kaum petani di Kecamatan Lhoong. Pihaknya akan menjaga dan memanfaatkan fasilitas tersebut untuk mendapatkan harga penjualan hasil panen yang lebih baik.

“Kami berharap Pemerintah Aceh Besar dapat terus memberikan perhatian kepada para petani di Kecamatan Lhoong,” kata Fakhrizal. 

Ikut hadir dalam kesempatan itu, Asisten II Setdakab Aceh Besar M Ali SSos MSi, Kadis PUPR Syahrial, Kadis Kelautan dan Perikanan Arifin SHi MSi, Kalak BPBD Ridwan Jamil SSos MSi, Kabag Hukum Rafzan SH MM, Kabag Prokopim Imam Munandar S.TP, Muspika Lhoong, perangkat gampong dan tokoh-tokoh masyarakat.[]

No More Posts Available.

No more pages to load.