Pra-PORA Muaythai, Pidie Jaya Juara Umum

oleh -
Wakil Ketua Umum III KONI Aceh Bidang Litbang H. T. Rayuan Sukma memberikan sambutan sebelum menutup secara resmi Pra-PORA Muaythai Tahun 2021

Banda Aceh, Beaktual.com – Para fighter asal Kabupaten Pidie Jaya sukses mendominiasi perolehan medali pada ajang Prakualfikasi Pekan Olahraga Aceh (Pra-PORA) Cabang Muaythai tahun 2021. Hingga akhir kejuaraan yang berlangsung sejak 29 November lalu, Kontingen Pidie Jaya berhasil merebut enam medali emas. Hasil itu menghantarkan Pidie Jaya sebagai Juara Umum Pra-PORA kali ini.

Sementara urutan kedua ditempati oleh Aceh Besar dengan raihan lima medali emas, selanjutnya Aceh Tenggara, Bireuen dan Banda Aceh masing-masing empat medali emas.

Pra PORA Muaythai Aceh Tahun 2021 secara resmi ditutup oleh Wakil Ketua Umum III KONI Aceh Bidang Litbang H. T. Rayuan Sukma, Sabtu sore 4 Desember 2021, di GOR KONI Aceh Banda Aceh.

“Ini (Muaythai) merupakan Cabor ke 20 yang telah melaksanakan Pra-PORA. Pada PORA Pidie tahun depan, ada 36 Cabor yang dipertandingkan,” kata Rayuan dihadapan para atlet dan pelatih peserta Pra-PORA Muaythai Tahun 2021.

Turut hadir pada acara penutupan tersebut antaralain; Sekum KONI Aceh M. Nasir Syamaun MPA, Anggota DPRA yang juga pengurus KONI Aceh Bardan Sahidi, dan Ketua Harian KONI Aceh Jaya Muslim HS S.AB.

Pada kesempatan tersebut, Rayuan menyampaikan apresiasi atas sukses dan semaraknya penyelenggaraan Pra-PORA Muaythai Tahun 2021. “Ada beberapa keistimewaaan dari Cabor Muaythai Aceh. Pertama, cabang ini merupakan pendulang medali emas pada PON XX Tahun 2021 Papua. Kedua seluruh peserta Pra-PORA kali ini merupakan atlet-atlet lokal Aceh, dan yang ketiga muaythai merupakan salahsatu cabang langganan Pemusatan latihan nasional (Pelatnas) Timnas Indonesia,” sebut Rayuan.

Saat Aceh menjadi Tuan Rumah PON pada 2024 mendatang, tambah Rayuan, KONI Aceh menargetkan cabang Muaythai untuk meraih minimal empat atau lima medali emas. 2024 menjadi kesempatan besar bagi Muaythai Aceh untuk meraih medali emas sebanyak-banyak, karena cabang ini akan dipertandingkan di Aceh. Sebagai tuan rumah, Aceh berhak untuk ikut full team di semua nomor yang dipertandingkan tanpa harus mengikuti Prakualifikasi PON.

“Sebagai Tim Keabsahan Pra-PORA, saya menyatakan Pra-PORA Cabang Muaythai Tahun 2021 telah dilaksanakan dengan sah,” tutup Rayuan.[]