Tingkat Kesembuhan PMK di Aceh Besar Capai 85 Persen

oleh -80 Dilihat

Jantho, Beaktual.com – Penanganan wabah Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) yang menyerang ternak di Kabupaten Aceh Besar kian menunjukkan hasil positif. Per hari ini, Sabtu 30 Juli 2022, angka kesembuhan sudah mencapai 85 persen.

Data kesembuhan tersebut disampaikan Pj Bupati Aceh Besar Muhammad Iswanto di sela kegiatan vaksinani ternak sapi milik warga di Kecamatan Montasik dan Blang Bintang yang berlangsung Sabtu pagi.

“Dalam satu dua minggu ini progres kesembuhan PMK di Aceh Besar terus meningkat signifikan, yaitu sudah mencapai 85 persen,” ujar Iswanto.

Angka tersebut mengalami peningkatan cukup tinggi dibandingkan dua minggu lalu dimana angka kesembuhannya disebut sekitar 30 persen lebih.

Untuk itu Pj Bupati Iswanto meminta dukungan penuh seluruh pihak agar angka PMK Aceh Besar dapat terus ditekan hinggal nol kasus. Kepada para petugas juga diminta terus meningkatkan sosialisasi kepada peternak agar tidak membiarkan ternak yang terjangkit tanpa pengobatan.

Proses vaksinasi di Kecamatan Montasik itu menyasar ternak sapi milik warga yang tergabung dalam kelompok ternak sapi Talenta Mandiri di Gampong Lampaseh Krueng. Turut hadir dalam kegiatan itu Sekretaris Daerah Aceh Taqwallah  Kalak BPBA Ilyas dan sejumlah pejabat Pemkab Aceh Besar lainnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Peternakan Aceh Zalsufran yang hadir dalam kegiatan itu juga mengakui angka kesembuhan ternak terjangkit PMK di Aceh Besar naik signifikan. Hal itu diakui tidak terlepas dari kinerja Pj Bupati bersama stakeholder yang turun langsung ke gampong-gampong dalam rangka mrndeteksi kasus serta menyukseskan vaksinasi.

Terkait hal itu  Zalsufran mengatakan pihaknya telah menyediakan vaksin untuk disalurkan kepada para peternak di Aceh Besar. Untuk tahap pertama dan kedua, pihaknya sudah menyalurkan vaksin untuk Aceh Besar sebanyak 1.500 dosis.

“Vaksinasi Aceh Besar tahap pertama sudah selesai 1000 dosis. Tahap kedua hari ini ditargetkan 500 dosis. Dari target 500 sudah berjalan 300. Insyaallah hari Senin tuntas semua tahap kedua,” ujar Zalsufran.

Lebih lanjut, Zalsufran menerangkan jumlah vaksin PMK yang disalurkan Pemerintah Pusat untuk Aceh sebanyak 1 juta dosis. Proses penyalurannya dilakukan bertahap, dimana saat ini yang sudah diterima pihaknya 25.100 dosis.[]

No More Posts Available.

No more pages to load.