Atlet, Pelatih PON Aceh Disuntik Vaksin Covid

oleh -

Banda Aceh, Beaktual.com – Seluruh atlet, pelatih KONI Aceh yang tergabung dalam program Pemusatan latihan daerah (Pelatda) PON XX Papua disuntik Vaksin Covid-19, Selasa 30 Maret 2021, di Halaman Masjid Raya Baiturrahman Banda Aceh. Tidak hanya atlet dan pelatih, suntik vaksin juga dilakukan terhadap pengurus, dan staf KONI Aceh.

“Alhamdulillah hari ini kita telah menjalani vaksin tahap pertama,” kata Ketua Harian KONI Aceh H. Kamaruddin Abu Bakar. Menurut Abu Razak—sapaan akrab H. Kamaruddin Abu Bakar—vaksinasi yang dijalani oleh seluruh komponen KONI Aceh merupakan bagian dari menjalankan himbauan pemerintah dalam upaya mencegah penularan dan penyebaran pandemi Covid-19.

Selain itu, sebagai atlet, pelatih dan official yang rencananya akan menuju PON Papua di penghujung tahun 2021 ini, vaksinasi Covid-19 merupakan upaya “wajib” yang harus dilakukan sesuai dengan arahan Ketua Umum KONI Pusat dan PB PON Papua.

“Kontingen Aceh yang akan berangkat ke PON Papua direncanakan berjumlah 198 orang, terdiri dari 125 atlet, 45 pelatih Aceh, delapan pelatih nasional, satu pelatih asing, 12 orang mekanik, dan tujuh official,” kata Abu Razak.

Selain itu juga ada 88 orang Pengurus KONI Aceh dan 38 Staf Sekretariat KONI Aceh. 

“Sesuai arahan Presiden Joko Widodo, Ketua KONI Pusat, dan PB PON Papua menyebutkan, PON XX di Papua, tetap dilaksanakan dari tanggal  2 hingga 15 Oktober 2021, dengan syarat semua atlet, pelatih, official, panitia dan semua yang terlibat pelaksanaan PON harus sudah divaksin,” kata Abu Razak.

Abu Razak juga menjelaskan, saat ini baru empat daerah di Indonesia yang atlet dan pelatihnya telah menjalani suntik vaksin Covid-19, yaitu KONI Jawa Timur, Banten, Kalimantan Barat, dan Aceh. “Setelah ini (vaksin tahap pertama), sesuai mekanisme yang telah diatur oleh pemerintah, nantinya KONI Aceh juga akan menjalani vaksinasi tahap dua,” jelas Abu Razak.[]